Tiga pelaku pencurian Hp, tak berkutik di tangan Tim Watawatanga Polres Bone Bolango. (Foto : Istimewa)

Jurnal Celebes.id, GORPNTALO – Polres Bone Bolango melalui Tim Resmob Watawatanga, berhasil mengamankan tiga pelaku tindak pidana pencurian Heandphone (Hp), yang terjadi di wilayah Kecamatan Tapa, Bone Bolango. Ketiganya ditangkap pada Selasa, 30/05/2022, melibatkan Unit Reskrim Polsek Tapa.

Informasi dihimpun, ketiganya adalah RA (40), warga Kelurahan Tuladenggi, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo. Dalam menjalankan aksinya, ia dibantu dua oleh orang rekannya, yakni RD (46) dan RP (21). Walhasil, ketiganya dibekuk aparat.

Kapolres Bone Bolango, AKBP Emile Reisitei Hartanto, S.H., S.I.K, melalui Kasat Reskim Polres Bone Bolango, IPTU Mohamad Ariyanto, S.Tr.K mengatakan, penangkapan terhadap ketiga pelaku ini, berawal dari penyelidikan yang dilakukan Resmob Watawatanga. Sebelumnya, pihaknya mengamankan dua pelaku di dua tempat berbeda.

“Dari keterangan kedua rekan pelaku, yakni RD dan RP, bahwa mereka disuruh oleh pelaku yakni RA, yang diketahui juga merupakan residivis kasus 363 di Gorontalo,”ungkap IPTU Mohamad Ariyanto.

RA sendiri lanjutnya, berhasil diamankan di salah satu rumah warga yang berada di Kelurahan Tuladenggi, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo. Kepada petugas, yang bersangkutan juga telah mengakui aksi kejahatannya.

Masih berdasarkan pengakuannya, dalam melancarkan aksinya di Wilayah Tapa, yang bersangkutan menggunakan jaket kulit, serta mengendarai sepeda motor Honda jeni Beat, yang nomor polisinya ditutupi menggunakan Kardus.

“Dari pengakuannya, saat melakukan aksinya di 2022 baru satu kali di Wilayah Bone Bolango, dikarenakan tuntutan ekonomi. Katanya, ia hanya seorang sopir panggilan, dan harus membiayai keluarga,”kata IPTU Mohamad Ariyanto.

Dari tangan pelaku lanjut Kasat Reskrim, petugas menyita barang bukti berupa satu buah Hp Samsung A 11 warna hitam, satu buah Hp Samsung A10 warna biru dongker, satu buah Hp Xiomi warna cokelat, satu buah Hp Xiomi warna Pink, satu buah Hp Realme X warna biru langit, satu buah Hp Samsung J2 warna cokelat, dan pula satu unit sepeda motor Honda Beat DM 2541 JU.

“Untuk saat ini pelaku dan barang-barang bukti, sudah diamankan di Mapolsek Tapa, untuk pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas IPTU Mohamad Ariyanto. (Jurnal 02)

Bagikan :
Tag : # #

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.