Penyelundupan satwa lindung berhasil digagalkan Polres Boalemo. (Foto : Istimewa)

Jurnal Celebes.id, GORONTALO – Polres Boalemo mengamankan dua terduga pelaku penyelundupan sejumlah satwa lindung. Masing-masing WFA (31) dan I (26). Keduanya berasal dari Kota Makassar, khendak bertolak ke Manado menggunakan Minibus Avanza berwarna putih, pada Selasa, (30/05/2022).

Informasi dirangkum, kejahatan ini terungkap pada saat Satuan Lalu Lintas Polres Boalemo, sedang melakukan razia rutin, di Jalan Trans Sulawesi, tepatnya di depan Kantor Polres Boalemo, sekitar Pukul 15.00 Wita Sore. Nah, pada saat itu, Minibus pembawa satwa lindung ini, berupaya ingin menerobos petugas yang berjaga.

Namun karena sigap, petugas berhasil melakukan pencegatan. Awalnya petugas memang sudah mulai curiga dengan gerakan Minibus benomor Polisi DD 1037 RR tersebut. Begitu diperiksa, ternyata sedang membawa satwa lindung yang jumlahnya tak sedikit. Walhasil, langsung diamankan pada saat itu pula di Mapolres Boalemo.

Kapolres Boalemo, AKBP Dadang Wijaya, S.I.K., M.M., mengungkapkan, pada saat akan diperiksa, kedua pelaku berusaha menerobos ingin segera meninggalkan operasi.

“Dari kecurigaan oleh anggota di lapangan, mobil Avanza warna putih milik pelaku berhasil dihadang oleh petugas, dan dari hasil pengecekan, ditemukan muatan yang ternyata satwa-satwa yang diduga dilindungi,”kata Mantan Kasubdit Gakum Dirlantas Polda Gorontalo tersebut.

Lanjutnya, modus pelaku melakukan aksinya dengan cara mengelabui orang-orang sekitar dan petugas, dengan cara menutup satwa-satwa yang mereka bawa, dengan kain dan kardus di bagasi bagian belakang mobil.

“Jadi kedua pelaku ini berusaha menerobos masuk melewati operasi dengan alibi menutupi bawaan satwa, yang dilindungi dengan menggunakan kain dan kardus,”terangnya.

Dikatakannya, saat interogasi, pelaku mengungkapkan bahwa satwa tersebut diangkut dari Makassar, Sulawesi Selatan, melalui jalur darat, dengan tujuan akhir ke Manado.

Terdapat 1 ekor Paranus Indicus, 1 ekor Biawak, 2 ekor Salvodoris Togian, 1 ekor Black Salva, 2 ekor Salva Parinus (Biawak Pohon), 1 ekor Varanus Macrea (Biawak Totol Biru), 2 ekor Varanus Togean, 3 ekor Varanus Dumerel, 1 ekor Varanus Rudikolis, 1 ekor Siamang, 1 ekor Orang Utan, 5 ekor Owa, 20 ekor Kura-kura Air, 7 ekor Kura-kura Damer Merah, 6 ekor Kura-Kura Matahari, 1 ekor Kura-kura Kaki Gajah Besar, dan 1 ekor Kura-kura Kaki Gajah Sedang.

“Keseluruhan satwa tersebut, saat ini sudah dititipkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Gorontalo, dan dilakukan pemeriksaan oleh Ahli BKSDA. Dan untuk kedua pelaku, sudah diamankan di Mapolres Boalemo, guna penyelidikan lebih lanjut,”pungkasnya. (Jurnal 02)

Bagikan :
Tag : # # #

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.