Aksi Unras mahasiswa Papua di Gorontalo, mendapat pengawalan ketat Polisi. (Foto : Istimewa)

Jurnal Celebes.id, GORONTALO – Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto, S.I.K., M.Si, memimpin pengamanan aksi Unjuk Rasa (Unras) mahasiswa Papua di Gorontalo, pada Jumat, 13/05/2022. Diketahui, Unras tersebut mereka gelar untuk menolak Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua.

Aksi yang berlangsung di depan Kantor DPRD Kota Gorontalo tersebut, diikuti oleh mahasiswa Papua berjumlah sekitar 40 orang. Aksi itu pun, mendapat pengawalan ketat dari personel Polres Gorontalo Kota, yang dibackup oleh personel Samapta Polda Gorontalo.

“Dalam aksi unjuk rasa, mahasiswa Papua di Gorontalo mendapatkan Pengamanan terbuka, maupun tertutup dari Personel Polres Gorontalo Kota, yang dibackup Polda Gorontalo,”kata AKBP Suka Irawanto.

Ia menuturkan, tuntutan para mahasiswa asal Papua tersebut, yakni meminta menghentikan praktik pelaksanaan otonomi khusus jilid II dalam kebijakan UU Nomor 2 Tahun 2021, dan meminta menghentikan produk hukum pemekaran yang dipaksanakan, atas nama pembangunan dan kesetaraan kesejahteraan terhadap semua orang Papua.

Mereka juga meminta, menghentikan rencana pemekaran Provinsi di tanah Papua, yang menurut mereka, hal tersebut merupakan politik pendudukan dan politik pecah belah di Papua. Selanjutnya, permintaan mereka yakni pemberian akses Internasional terhadap Jurnalis Independen, untuk datang ke Papua, menginvestigasi segala bentuk kejahatan kemanusiaan di tanah Papua.

“Alhamdulillah aksi berjalan dengan aman dan terkendali, tanpa adanya bentrokan antara pihak mahasiswa dengan aparat keamanan. Namun kita harapkan, para mahasiswa asal Papua di Gorontalo, tidak terprovokasi dengan adanya isu-isu yang beredar,”harap Kapolres Gorontalo Kota, menandaskan. (Jurnal 02)

Bagikan :
Tag : # # #

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.