Proses mediasi perkara (Problem Solving) yang dilakukan Bhabinkamtibmas Kelurahan Botu, Briptu Fikriyanto I. Toolingo, kepada warga binaannya. (Foto : Istimewa)

Jurnal Celebes.id, GORONTALO – Tidak semua permasahan harus diselesaikan mengikuti kemauan emosi diri sendiri. Banyak cara untuk meredam suatu perkara, atau perselisihan yang terjadi di kalangan masyarakat.

Sepertihalnya yang dilakukan oleh Briptu Fikriyanto I. Toolingo. Selaku Bhabinkamtibmas di Kelurahan Botu, Dumbo Raya, Kota Gorontalo, ia berupaya menghentikan perselisihan warga binaannya dengan cara Solving (Penyelesaian Masalah).

Alhasil, kedua keluarga yang terlibat perselisihan paham, bisa Islah kembali seperti sediakala. Ini langkah yang patut diapresiasi dan diacungkan jempol. Yang mana, suatu permasalahan yang timbul, secepatnya bisa selesai secara kekeluargaan.

Awalnya, Briptu Fikriyanto I. Toolingo, menerima laporan dari warga setempat, bahwa telah terjadi perselisihan paham, antara warga binaannya, yaitu FH dan IH. Dari perselihan paham tersebut, FH sempat mengeluarkan kata-kata hinaan kepada IH.

Mendengar hal tersebut, Briptu Fikriyanto I. Toolingo, langsung bergerak cepat terjun ke lokasi kejadian dengan melibatkan Tiga Pilar Kelurahan Botu lainnya. Ini dimaksudkan, guna melakukan penyelesaian masalah dengan cepat sebelum membesar.

Lalu kemudian, begitu tiba di lokasi, para pihak terkait langsung dipertemukan, mencari titik terang permasalahan. Alhasil, musyawarah kekeluargaan yang dipimpin oleh Lurah Botu, Dona Wumu, sekitar Pukul 11.30 Wita, Selasa 19/04/2022 tersebut, membuahkan hasil memuaskan. Kedua keluarga yang terlibat perselisihan paham, langsung berdamai.

“Kedua belah pihak sepakat menyelesaikan permasalahan mereka secara kekeluargaan, saling memaafkan, dan tidak mengulangi perbuatan yang dipermasalahkan, serta kesepakatan itu dituangkan dalam surat perjanjian (Problem Solving),”ujar Briptu Fikriyanto I. Toolingo.

Briptu Fikriyanto I. Toolingo mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar terus menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dan persahabatan sesama makhluk sosial. Ia meminta, warga Kelurahan Botu, terus memperkuat rasa persaudaraan kepada sesama, tanpa memandang klas.

“Saya juga berharap, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir, maka saya minta masyarakat selalu disiplin melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 yang dianjurkan,”harap Briptu Fikriyanto I. Toolingo, menandaskan. (Jurnal 02)

Bagikan :
Tag : # # #

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.