Bagian SDM Polres Gorontalo Kota, saat melakukan sosialisasi tentang penerimaan anggota Polri yang saat ini telah dibuka.

Jurnal Celebes.id, KOTA GORONTALO – Polri kembali membuka kesempatan bagi pemuda pemudi terbaik, untuk bergabung dan mengabdikan diri kepada bangsa dan negara, melalui Kepolisian. Di mana saat ini telah dibuka Penerimaan Polri 2022, jalur Bintara dan Taruna Akademi Polisi (Akpol), untuk memenuhi kebutuhan organisasi Polri melalui penambahan kekuatan personil.

Dengan adanya hal tersebut, Polres Gorontalo Kota melakukan sosialisasi Penerimaan Polri Terpadu Tahun Anggaran 2022, di sekolah menengah atas dan sekolah sederajat lainnya yang ada di wilayah Kota Gorontalo, Kamis (07/04/2022).

Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto,S.I.K,M.Si melalui Kabag SDM, AKP Suinah Darmiga,S.H mengatakan, Pendaftaran Bintara dan Akpol 2022 bisa dilakukan secara online melalui laman resmi penerimaan polri.

“Bagi siswa-siswi kelas 12 yang berminat menjadi anggota Polri, dapat menyiapkan berkas persyaratan yang dibutuhkan dari sekarang,” ujarnya.

Lanjut kata AKP Suinah, Polres Gorontalo Kota telah melakukan sosialisasi di 20 SMA dan SMK serta MA yang ada di wilayah Kota Gorontalo. Adapun pendaftaran anggota Polri Bintara, menurut AKP Suinah, telah dibuka sejak 31 Maret hingga 11 April 2022 dan untuk pendaftaran Taruna Akpol, dibuka pada 30 Maret hingga 18 April 2022.

“Untuk persyaratan umum penerimaan Polri calon Bintara dan Taruna Akpol 2022 diantaranya, Warga Negara Indonesia (pria atau wanita), beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, sehat jasmani dan rohani (Surat keterangan sehat dari institusi kesehatan), berusia paling rendah 18 tahun pada saat diangkat menjadi anggota Polri, tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan dibuktikan dengan SKCK, berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela,” jelasnya.

AKP Suinah pula menegaskan, semua proses seleksi mulai dari pendaftaran hingga pengumuman terakhir, tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis.

“Jadi, jangan mudah percaya jika ada yang menawarkan bisa meluluskan dengan imbalan tertentu. Semua proses dilakukan secara terbuka. Untuk tatacara pendaftaran online, penerimaan Polri calon Bintara dan Taruna Akpol 2022, pendaftar dapat membuka website penerimaan anggota Polri dengan alamat website

penerimaan.polri.go.id,” tutupnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.