Kondisi jalan utama di Kecamatan Suwawa Selatan, Kabupaten Bone Bolango amblas. (F.. Istimewa)

Jurnal Celebes.id, SUWAWA – Jalan utama di Kecamatan Suwawa Selatan, tepatnya di Jalan Muchlis Rahim, Dusun III, Desa Bulontala Timur, Minggu (20/03/2022) amblas. Peristiwa tersebut menyusul terjadinya luapan air sungai, sehingga membuat pinggiran jalan tergerus dan akhirnya amblas.

Informasi yang dirangkum, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 15.30 Wita. Menurut Irman A.M Kodja (49), warga Desa Bulontala Timur, sekitar pukul 03.00 Wita dini hari, badan jalan mulai amblas akibat luapan air Sungai Bone, di mana curah hujan dengan intensitas cukup tinggi sejak Sabtu (19/03/2022).

“Badan jalan kembali amblas sekitar pukul 07.00 Wita dan sekitar Pukul 15.00 Wita, jalan Muchlis Rahim, yang merupakan jalan poros utama Kecamatan Suwawa Selatan, langsung amblasa dan mengakibatkan terputusnya akses jalan utama di Kecamatan Suwawa Selatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Suwawa, AKP Raden Dian Nugraha Wijaya,S.I.K mengatakan, alhamdulillah dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Meski demikian, dengan putusnya jalan tersebut, maka sudah pasti akan menghambat aktifitas masyarakat.

“Memang sudah beberapa hari terakhir ini di wilayah hukum kami sering diguyur hujan. Nah, pada Minggu (20/03/2022), hujan turun cukup deras, sehingga membuat debit air Sungai Bone meluap dan terus mengikis bagian tebing bawah jalan Muchlis Rahim, sehingga mengakibatkan jalan utama putus total,” jelasnya.

Lanjut kata mantan Kasat Reskrim Polres Boalemo ini, saat ini untuk kendaraan roda enam ke atas, tidak bisa melewati lokasi. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, roda tiga dan roda dua, diarahkan untuk melewati jalan rabat beton atau jalan desa, yang ada di Dusun II, Desa Bulontala Timur.

“Kami pun berharap agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati saat mengendarai kendaraan. Mengingat saat ini cuaca cukup ekstrim dan banyak peristiwa yang terjadi. Baik itu pohon tumbang, longsor dan lain sebagainya,” harapnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.