Kasat Lantas Polres Gorontalo Kota, Iptu Edwin Isa Mahendra,S.T.K bersama personel saat mengamankan remaja yang diduga pelaku balapan liar bersama barang bukti sepeda motor mereka belum lama ini. (F. Nirwan)

Jurnal Celebes.id, KOTA GORONTALO – Kurang lebih ada 40 kendaraan yang diduga dipergunakan untuk aksi balapan liar, berhasil diamankan dan disita oleh Satuan Lalu Lintas Polres Gorontalo Kota.

Puluhan kendaraan yang disita tersebut selang Januari hingga Maret 2022 ini. Lokasi pelaksanaan balapan liar pun berbeda-beda. Ada yang diseputaran Bundaran Hulondhalo Indah, diseputaran SMA Negeri 3 Kota Gorontalo, Kecamatan Dungingi dan beberapa lokasi lainnya.

Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto,S.I.K,M.Si melalui Kasat Lantas, Iptu Edwin Isa Mahendra,S.T.K mengatakan, aksi balapan liar saat ini sudah sangat meresahkan masyarakat, khususnya bagi para pengguna kendaraan. Oleh karena itu, atas perintah Kapolres Gorontalo Kota, pihaknya rutin melakukan patroli dan razia, guna meminimalisir terjadinya balapan liar.

“Ada 40 barang bukti berupa sepeda motor yang berhasil kami jaring sejak Januari hingga Maret 2022 ini. Rata-rata sepeda motor tersebut diduga dipergunakan untuk balapan liar. Kendaraan itu pula kebanyakan sudah dimodifikasi dan banyak pelanggarannya. Contohnya saja, tidak ada kaca spion, nomor polisi, knalpot bising dan lain sebagainya,” paparnya.

Lanjut kata mantan Kasat Lantas Polres Boalemo ini, mereka yang ditangkap pada saat balapan liar pula rata-rata masih berstatus pelajar serta mahasiswa. Mereka setelah diamankan, langsung dilakukan pembinaan dan diharapkan hal ini bisa mendapatkan perhatian dari orang tua serta seluruh elemen masyarakat.

“Bantuan dari masyarakat, khususnya orang tua dalam memberikan pembinaan serta melarang anak-anaknya, sangatlah penting. Dengan demikian, tidak akan ada lagi balapan liar di wilayah hukum Kota Gorontalo pada khususnya, dan Gorontalo pada umumnya. Kami pun akan melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, sebagai langkah antisipasi terjadinya balapan liar,” pungkasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.