Personel Satuan Lalu Lintas Polres Gorontalo Kota melakukan pengaturan lalu lintas serta penindakan terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran yang kasat mata.

Jurnal Celebes.id, KOTA GORONTALO – Untuk mencegah terjadinya pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas, Satuan Lalu Lintas Polres Gorontalo Kota, tetap melaksanakan tugas meski di hari libur, Minggu (30/01/2022).

Pelaksanaan tugas tersebut dilakukan disepanjang jalan yang ada di Keluarah Leato Selatan, yang menghubungkan antara Kota Gorontalo dan Bone Bolango. Pelaksanaan kegiatan pengaturan lalu lintas itu pun banyak menuai respon positif dari masyarakat pengguna jalan, dan ada pula sebahagian kecil yang melakukan protes.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto,S.I.K,M.Si melalui Kasat Lantas, Iptu Edwin Isa Mahendra,S.T.K menjelaskan, anggota Satuan Lalu Lintas Polres Gorontalo Kota, pada dasarnya ingin berlibur pula pada hari Minggu. Hanya saja, ada tanggungjawab yang diberikan oleh Negara untuk dilaksanakan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya masyarakat yang masuk dan ke luar melalui arah Kota Gorontalo menuju ke daerah Bone Bolango untuk berwisata. Hal ini tentunya berpotensi pada pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas. Apalagi, mereka yang berkendara banyak pula yang melanggar atau tidak taat terhadap protocol kesehatan (Prokes).

“Kami pun ingin berlibur seperti masyarakat lainnya. Tapi ini adalah tugas kami. Kami rela untuk tidak berkumpul dengan keluarga di hari libur, demi menjaga keselamatan masyarakat di jalan. Operasi yang kami lakukan ini, semata-mata untuk kepentingan masyarakat pula. Apabila masyarakat taat dan patuh terhadap aturan lalu lintas, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Apalagi saat ini sedang dalam kondisi penyebaran virus corona. Kalau masyarakat menerapkan Prokes dengan baik dan tidak ada pelanggaran lalu lintas, maka kami mungkin berada di rumah bersama keluarga,” jelasnya.

Lanjut kata mantan Kasat Lantas Polres Boalemo ini, kenyataannya di lapangan, banyak yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Mulai dari tidak menggunakan helm, tidak membawa SIM maupun STNK, melanggar Prokes dan lain sebagainya. Persoalan seperti ini yang kadang disepelekan oleh masyarakat. Padahal, terjadinya kecelakaan lalu lintas, kebanyakan diawali dari pelanggaran lalu lintas itu sendiri.

“Tidak mungkin kami akan menindak pengguna kendaraan, apabila pengguna tersebut taat dan patuh terhadap aturan lalu lintas. Inilah yang kami harapkan bisa menjadi perhatian serius dari seluruh elemen masyarakat, khususnya para pengguna kendaraan,” harapnya.

Tak hanya itu saja, kata Iptu Edwin, arus lalu lintas sering macet pada saat hari libur. Ini dikarenakan meningkatnya jumlah masyarakat yang mendatangi lokasi objek wisata. Disisi lain, penyebab kemacetan adalah parkiran sembarangan di pinggir jalan, sehingga terjadi penyempitan jalan. Inilah yang diupayakan oleh anggota Satuan Lalu Lintas agar bisa tertib.

“Kami bukan hanya sekedar melakukan penindakan untuk para pelanggar lalu lintas, akan tetapi turut melakukan pengaturan lalu lintas, guna mengurai kemacetan, yang dapat berpotensi pada kecelakaan lalu lintas,” tandas Alumnus Akpol 2015 ini. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.