Iptu Edwin Isa Mahendra,S.T.K

Jurnal Celebes.id, KOTA GORONTALO – Baru-baru ini Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Negara Republik Indonesia meluncurkan inovasi baru layanan pembuatan maupun perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) secara online atau dikenal dengan SIM Nasional Presisi (SINAR). Hal ini pun tidak lain untuk mempermudah masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu repot lagi.

Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto, S.I.K, M.Si melalui Kasat Lantas, Iptu Edwin Isa Mahendra,S.T.K menjelaskan, dalam masa pandemi ini, penerbitan SIM masih bisa dilakukan dengan prosedur normal dengan mendatangi lokasi pelayanan perpanjangan SIM.

“Namun, supaya mengurangi kontak langsung dengan orang lain, ada cara lain untuk mendapatkan SIM, yaitu dengan prosedur penerbitan online,” ungkapnya.

Lanjut kata mantan Kasat Lantas Boalemo ini, proses penerbitan SIM online melalui aplikasi Digital Korlantas, SIM Nasional Presisi (SINAR) yang diklaim bisa lebih cepat. Untuk caranya pun sangatlah mudah yakni, dengan membuka aplikasi SIM nasional presisi baik di Play Store dan App Store. Kemudian memilih icon ‘SINAR’ pada aplikasi tersebut. Setelah itu, memilih menu perpanjangan SIM. Pemohon perpanjang SIM online diminta memilih golongan SIM serta mengunggah foto KTP, foto SIM, serta foto tanda tangan dan pas foto dengan dilengkapi hasil pemeriksaan kesehatan serta psikologi. Ketika sudah selesai, maka langkah selanjutnya yakni mengisi rekening pembayaran, untuk pengembalian dana atau jika terjadi pembatalan perpanjang SIM online. Setelah itu, pilih metode pengiriman yang meliputi metode pengambilan langsung oleh pemohon, diambil wakil lewat surat kuasa, atau menggunakan jasa pengiriman.

“Ketika semuanya sudah dilaksanakan sesuai dengan petunjuknya, maka pemohon perpanjang SIM online dapat melakukan pembayaran melalui akun virtual account BNI. Nanti setelah melakukan pembayaran, SIM akan dicetak dan akan dikirimkan sesuai metode pengiriman yang dipilih,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, Alumnus Akpol 2015 ini pula menyampaikan, untuk SIM yang akan diperpanjang adalah SIM yang masa berlakunya belum habis, dan biaya perpanjangan sesuai PNBP untuk SIM A Rp 80 ribu dan SIM C Rp 75 ribu. Ditambahkan pula, untuk proses pengambilan bisa dilakukan melalui tiga cara, pemohon bisa mengambil SIM nya sendiri, bisa melalui kantor pos dan diwakilkan, dengan syarat yang mewakili harus membawa surat kuasa dari pemohon.

“Untuk biaya, masyarakat hanya perlu masuk ke sistem pendaftaran diaplikasi dan melakukan transfer untuk biaya layanan melalui mobile banking atau ATM. Dokumen syarat perpanjang SIM pun juga bisa diunggah melalui aplikasi. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu repot. Mereka bisa melakukan pengurusan dimana saja dan ini praktis,” pungkasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *