Iptu Edwin Isa Mahendra,S.T.K

Jurnal Celebes.id, KOTA GORONTALO – Pelaksanaan operasi lalu lintas yang dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Gorontalo Kota, banyak mendapatkan dukungan dari masyarakat. Hal ini pun turut mendapatkan perhatian dari Satuan Lalu Lintas Polres Gorontalo Kota.

Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto,S.I.K,M.Si melalui Kasat Lantas, Iptu Edwin Isa Mahendra,S.T.K menjelaskan, pada dasarnya, dalam setiap kegiatan Kepolisian, tentunya diawali dengan aspek-aspek pertimbangan, dalam hal ini giat penindakan lalu lintas juga diawali dengan beberapa pertimbangan sehingga ditentukan target operasi.

“Giat Penindakan pelanggar lalu lintas di Jalan Dua Susun ada beberapa hal pertimbangannya. Diantaranya, banyaknya laporan masyarakat bahwa dilokasi tersebut pengendara banyak ugal-ugalan, banyak melanggar dan dilokasi tersebut merupakan batas wilayah Kecamatan Kota tengah, Kota Timur dan Kota Utara,” terangnya.

Tak hanya itu saja, dari operasi yang dilakukan tersebut, ditemukan masih banyak masyarakat yang belum sadar diri mendukung program pemerintah untuk melaksanakan vaksin. Oleh karena itu, dari beberapa pertimbangan tersebut dilaksanakan beberapa giat Kepolisian yakni, mulai dari Dikmas Lantas, melaksanakan giat Turjawali dilokasi tersebut serta paling terakhir melaksanakan giat penindakan pelanggaran.

“Bagi masyarakat yang terjaring belum dilakukan vaksin, kami langsugng mengarahkannya untuk melaksanakan vaksin digerai-gerai vaksin yang dibuka oleh pemerintah,” paparnya.

Disisi lain kata Alumnus Akpol 2015 ini, dalam pelaksanaan giat pemeriksaan kendaraan bermotor sesuai PP 80 tahun 2012, pihaknya juga memperhatikan aspek keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas.

“Kami beritahukan kepada masyarakat bahwa ada kegiatan operasi Kepolisian 50-75 meter sebelum tempat pemeriksaan petugas dan terlihat oleh pengendara, dengan maksud dan tujuan memberi tahukan kepada masyarakat agar mengurangi kecepatan karena ada giat Kepolisian yang sedang dilaksanakan,” kata mantan Kasat Lantas Polres Boalemo ini.

Pada dasarnya kata Iptu Edwin, apabila masyarakat tidak melanggar dan taat aturan, tidak perlu takut, ragu bahkan sampai berhenti yang justru malah membuat kemacetan karena berpikiran menunggu sampai giat Kepolisian selesai, atau masyarakat yang ragu-ragu berkendara karena melanggar dan tiba-tiba merubah arah setelah melihat petugas didepannya, sehingga justru malah membahayakan pengendara lain.

“Dari data kami juga, kami berhasil menghimbau dan mengajak para pengendara yang melintas, yang belum vaksin sebanyak 6.000 Orang yang kami arahkan untuk vaksin digerai-gerai vaksin lokasi terdekat kegiatan kami, guna mendukung pemerintah pusat dalam percepatan penanggulangan penyebaran covid-19 di Kota Gorontalo, yang saat ini sudah sekitar 60 persen masyarakatnya sudah tervaksin,” pungkasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *