Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto,S.I.K,M.Si memberikan keterangan pers terkait dengan pengungkapan kasus dugaan pencurian sepeda motor (Curanmor).

Jurnal Celebes.id, KOTA GORONTALO – Salah seorang masyarakat Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, tidak bisa berkutik lagi ketika ditangkap oleh Satuan Reskrim Polres Gorontalo Kota.

Lelaki yang bernama SP (25) tersebut, ditangkap atas dugaan melakukan aksi pencurian satu unit sepeda motor dikost-kosan yang berada di jalan Manggis, Kelurahan Limba B, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo, pada Jumat 06 Agustus 2021, sekitar Pukul 22.00 Wita.

Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto, S.I.K, M.Si saat memimpin jalannya press conference di depan Mapolres Gorontalo Kota menjelaskan, awalnya korban yang bernama Nasir N. (28) memarkir kenderaannya di kos tempat tinggalnya. Kemudian pada keesokan harinya, Nasir melihat kenderaan motor miliknya sudah tidak berada di tempat parkir, sehingga korban melaporkan hal tersebut ke pihak Kepolisian.

Lanjut Kapolres, untuk penangkapan terhadap pelaku berawal pada Minggu 24 Oktober 2021, sekitar pukul 17.15 Wita, korban Nasir sedang makan di rumah makan ayam geprek “Tiar” di Kelurahan Dulalowo, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo. Setelah makan, saat itu korban keluar dari dalam rumah makan,  dan melihat sepeda motor yang terparkir mirip dengan sepeda motor miliknya yang hilang, sehingga korban mendekati sepeda motor tersebut dan melihat-lihat kondisi sepeda motor itu, dan ternyata itu adalah sepeda motor miliknya.

“Untuk memastikan kenderaan tersebut, korban menghubungi saksi yakni Eman Kemhay, untuk melihat kondisi dari sepeda motor tersebut dan membenarkan bahwa sepeda motor itu milik dari korban, karena stiker yang ada di lampu depan motor. Bahkan, untuk lebih meyakinkan, korban pulang ke tempat kost untuk mengambil kunci sepeda motor itu. Saat mencoba menggunakan kunci miliknya, ternyata cocok, sehingga korban  dan saksi menanyakan kepada masyarakat yang ada disekitar tempat makan itu, siapa yang menggunakan sepeda motor tersebut. Pada saat itu, ada salah satu pengemudi ojol mengatakan bahwa sepeda motor tersebut digunakan oleh lelaki yang bernama SP. Bahkan terlapor yang saat itu ada di tempat tersebut sudah melarikan diri, sehingga korban dan saksi membuka bagasi motor dan kemudian ditemukan dompet, dimana dalam dompet tersebut terdapat foto tersangka,” jelas mantan Kapolres Bone Bolango ini.

“Saat dilakukan penangkapan terhadap SP, dirinya sempat mengelak bahwa motor tersebut dibelinya dari seseorang. Bahkan SP sempat bersikeras untuk tidak mau diamankan ke Polres, sehingga anggota Kepolisian yang ada saat itu berupaya untuk tetap membawa tersangka ke Polres dan melakukan interogasi. Setelah diinterogasi, akhirnya tersangka mengakui perbuatannya,” tambah Alumnus Akpol 2000 ini.

Dihadapan awak media pula, Kapolres menjelaskan, modus dari pelaku yakni dengan meminjam sepeda motor milik korban, kemudian pelaku menduplikat kunci sepeda motor korban dan melakukan pencurian menggunkan kunci duplikat, dimana sebelumnya tersangka dan korban pernah tinggal di kost yang sama.

“Tersangka SP akan dikenakan Pasal 363 ayat 1 ke-3, ke-5 Kuhpidana, dengan ancaman kurungan 9 tahun penjara,” tegas mantan Kasubdit Regident Dit Lantas Polda Gorontalo ini. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *