Operasi Lalu Lintas yang dilaksanakan di Simpang Empat Jalan Dua Susun (JDS), mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Jurnal Celebes.id, KOTA GORONTALO – Pelaksanaan operasi lalu lintas yang dilaksanakan di simpang empat jalan dua susun (JDS), tepatnya di ruas jalan Pangeran Hidayat, Kelurahan Paguyaman, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo, mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Salah seorang masyarakat, Moh. Fadel Abdul (19), warga Kelurahan Liluwo, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo mengatakan, operasi yang dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas Polres Gorontalo Kota, disimpang empat jalan dua susun sangat tepat. Alasannya, banyak pengendara yang melintas tidak mentaati aturan lalu lintas. Apalagi jalan Pangeran Hidayat, dimana pengendara kadang melaju dengan cepat, sehingga dikhawatirkan terjadi kecelakaan lalu lintas.

“Sudah seharusnya di tikungan jalan, pengendara berhati-hati atau memelankan laju kendaraannya. Nah, dengan adanya Polisi, maka dengan sendirinya masyarakat akan langsung memelankan kendaraannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Gorontalo, Hermanto Saleh,S.IP melalui Kabid Agusiyono JS. Taha, S.T yang disampaikan oleh Kepala Seksi Management Rekayasa Lalu Lintas, Yusuf Leopan Pade menambahkan, apabila dilihat dari posisi papan penanda dilakukannya operasi, jaraknya masih sedikit jauh dari tikungan jalan. Dengan demikian hal tersebut tidaklah menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah, ketika Polisi tidak hadir dan melakukan operasi serta pengaturan lalu lintas, maka kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Bukan hanya ditikungan jalan, akan tetapi di jalan lurus pun kecelakaan bisa saja terjadi.

“Sudah sejak lama memang lokasi tersebut menjadi tempat operasi lalu lintas dan kami dari Dinas Perhubungan sudah sering ikut bersama dengan Polisi untuk melakukan operasi di tempat tersebut. Nah, pada dasarnya, kalau memang lengkap dan taat terhadap aturan lalu lintas, tidak ada pengendara yang seenaknya di jalan, maka tidak perlu takut terhadap Polisi yang berada di jalan. Ketika kita semua tertib berlalu lintas, maka bisa meminimalisir terjadinya kemacetan, kepadatan hingga kecelakaan lalu lintas,” jelasnya.

Disisi lain, Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto,S.I.K,M.Si melalui Kasat Lantas, Iptu Edwin Isa Mahendra,S.T.K menyampaikan, dalam pemasangan papan informasi pelaksanaan operasi, pihaknya tentu memperhatikan aturan yang berlaku. Oleh karena itu, papan informasi ditempatkan tidak pada tikungan jalan, melainkan di jalan lurus, sehingga bisa dilihat dari jarak jauh oleh pengemudi kendaraan.

“Apabila yang kami lakukan melanggar atau tidak disukai oleh masyarakat, maka akan kami perbaiki kedepannya. Kami hanya berharap agar masyarakat tetap taat dan patuh terhadap aturan lalu lintas, demi keselamatan bersama. Apabila semua masyarakat taat dan patuh terhadap aturan lalu lintas serta tidak mengemudi kendaraan dengan kecepatan tinggi, maka arus lalu lintas bisa lebih lancar dan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *