Tim Tarsius Polsek Maesa dibantu oleh Tim Intelkam Polda Sulut, berhasil mengamankan tiga orang pelaku pencurian handphone bersama dengan barang buktinya.

Jurnal Celebes.id, BITUNG – Tim Tarsius Polsek Maesa kembali mengungkap kasus pencurian yang terjadi di wilayah hukum Polsek Maesa.

Berawal dari laporan Polisi di Polsek Maesa oleh pihak korban yakni PT Permodalan Nasional Madani (Persero), Tim Tarsius bersama dengan Tim Khusus Intelkam Polda Sulut, berhasil mengungkap serta meringkus para pencuri belasan handphone, yang terjadi pada Jumat (15/10/2021) sekitar pukul 02.00 Wita.

Kapolsek Maesa, AKP Dewa Ayu Rayoka Cempaka,S.I.K menjelaskan, tiga pelaku yang ditangkap yakni FB alias Fito (19), SR alias Bung (21) dan DA alias Dede (18). Ketiganya merupakan warga Bitung Barat 2, Lingkungan 5, Kecamatan Maesa. Ketiga pelaku melancarkan aksinya dengan cara, Fito dan Bung mendatangi PT Permodalan Nasional Madani, dimana keduanya masuk lewat pintu belakang dan samping. Pada saat itu, para karyawan PT Permodalan Nasional Madani dalam kondisi tertidur, sehingga keduanya mudah untuk keluar masuk dan mengambil seluruh handphone yang ada di kantor tersebut. Sedangkan Dede bertugas untuk memantau situasi di luar kantor. Setelah aksinya berhasil, ketiganya kemudian melarikan diri.

“Dari aksi para pelaku tersebut, ada kurang lebih 16 unit handphone yang hilang. Diantaranya 14 unit handphone yang diambil dari dalam laci meja kantor dan dua unit handphone diambil dari dalam kamar karyawan. Akibatnya, pihak perusahaan mengalami kerugian kurang lebih Rp 55 juta,” jelasnya.

Lanjut kata Alumnus Akpol 2008 ini, setelah menerima laporan, Tim Tarsius Polsek Maesa yang terdiri dari Aiptu Janny Tumbuan, Bripka Michael Entiman dan Briptu Reiven Kapugu, dibantu oleh Tim Intel Polda Sulut, langsung melakukan penyelidikan. Setelah itu, Minggu (17/10/2021) sekitar pukul 00.00 Wita, tim Tarsius dan Tim Khusus Intelkam Polda Sulut, mendapatkan informasi tempat keberadaan dari ketiga pelaku tersebut. Selanjutnya, sekitar pukul 01.30 Wita, tim kemudian bergerak ke lokasi dan berhasil mengamankan ketiga pelaku di wilayah Bitung Barat 2, Lingkungan 5, Kampung Kolombo, Kecamatan Maesa.

“Dua pelaku yakni Fito dan Bung, terpaksa harus ditindak tegas terukur oleh petugas karena keduanya berupaya untuk melawan dan mencoba untuk melarikan diri saat pencarian barang bukti,” tegasnya.

Tak hanya itu saja, kata mantan Kasat Lantas Polres Pohuwato ini, pelaku yang bernama Fito, sebelumnya juga terlibat dengan aksi yang sama yakni pencurian handphone yang terjadi pada Maret 2021 lalu.

“Saat ini ketiganya sudah ditahan dan barang bukti yang berhasil disita yakni kurang lebih 15 unit handphone. Selanjutnya para tersangka ini masih akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *