AKBP Arief Budiman,S.H,S.I.K

Jurnal Celebes.id, GORONTALO – Saat ini perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) sudah tidak perlu mendatangi kantor Satpas, akan tetapi bisa dilakukan dengan cara online melalui aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) yang digagas oleh Korlantas Mabes Polri.

Aplikasi itu pun kini sudah berjalan dengan baik serta maksimal dan sangat membantu masyarakat, dalam mendapatkan pelayanan perpanjangan SIM. Kesuksesan program itu sendiri tentunya tidak terlepas dari kerja-kerja tim Korlantas Mabes Polri, dimana pada saat itu yang menjadi Ketua Tim Aplikasi Sinar Korlantas Mabes Polri yakni, AKBP Arief Budiman, S.H, S.I.K, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas (Dir Lantas) Polda Gorontalo.

Sebelumnya, pada saat menjabat sebagai Kasi Standar Pengemudi Ditregident Korlantas Polri, AKBP Arief Budiaman, S.H, S.I.K, dipercayakan sebagai Ketua Tim Aplikasi SINAR, yang kini dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas diseluruh Indonesia.

“Saat saya masih di Korlantas, kami mendukung program pemerintah, dimana sesuai penyampaian Pak Presiden, bagaimana dapat membantu pemerintah dalam menekan angka penularan Covid-19. Caranya yakni dengan menjaga jarak, tidak ada kerumunan dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kami berfikir bahwa disatu sisi kalau pelayanan SIM kami tutup untuk mencegah kerumunan, maka Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bakal berkurang dan itu sempat terjadi pada awal 2020 lalu. Dengan adanya hal tersebut, kami kemudian membuat aplikasi SIM secara online, dimana yang terlebih dahulu kami buat yakni SIM internasional online yang dilounching pada Juli 2020 lalu,” jelasnya.

Lanjut kata Alumnus Akpol 1997 ini, melalui platform pembuatan SIM Internasional secara online tersebut, pihaknya kemudian berfikir agar bagaimana bisa diterapkan pula pada SIM Nasional. Ini dikarenakan lebih banyak pencetakan itu adalah SIM Nasional. Apabila dibandingkan, untuk SIM Internasional, per tahun pengurusannya apabila normal, bisa mencapai 20 ribu orang. Sementara SIM Nasional, khususnya untuk perpanjangan saja se Indonesia dalam kurun waktu per hari, rata-rata bisa mencapai 20 ribu orang. Oleh karena itu, pihaknya kemudian mencoba untuk membuat SIM Nasional secara online. Hanya saja, pada saat hendak dikerjakan, terkendala pada Peraturan Kapolri nomor 9 tahun 2012 tentang SIM, karena belum mengakomodir perpanjangan SIM secara online dan mengharuskan pemohon untuk mendatangi Satpas secara langsung. Oleh karena itu, Perkap tersebut dilakukan revisi dan tepat pada Februari 2021, Perkap nomor 5 tahun 2021 tentang penerbitan dan penandaan surat izin mengemudi disahkan. Atas dasar hukum itulah kemudian pihaknya berinovasi untuk perpanjangan SIM melalui system online melalui Aplikasi SINAR.

“Aplikasi SINAR ini dapat diunduh pada App Store atau Play Store denga keyword ‘Digital Korlantas’. Aplikasi Sinar ini pun memiliki aplikasi pendukung didalamnya yakni ada aplikasi E-Rikkes dan E-Psi. Nanti setelah mengikuti prosesnya dan dinyatakan lulus atau persyaratan terpenuhi, maka SIM nya bisa langsung dicetak. Setelah itu, ada tiga pilihan yang diberikan, apakah SIM akan dijemput di kantor Satpas, diwakilkan dengan cara memberikan surat kuasa atau dengan menggunakan jasa pengiriman, dalam hal ini melalui PT Pos. Jadi kalau pemohon menggunakan jasa pengantaran, maka ada biaya tambahan atau ongkos kirimnya, sesuai dengan jarak,” paparnya.

Ditambahkan pula oleh AKBP Arief Budiman, S.H, S.I.K, Korlantas Polri telah melakukan kerjasama dengan pihak Bank Negara Indonesia (BNI) untuk pembayaran PNBP serta PT Pos untuk pengantaran SIM. Jadi, aplikasi ini pula terkoneksi dengan pihak BNI untuk pembayaran PNBP melalui virtual account billing serta PT Pos sebagai bagian dalam jasa pengantaran.

“Untuk sementara ini, menu yang tersedia dalam Aplikasi SINAR, baru sebatas perpanjangan SIM A dan C. Namun dalam waktu dekat ini, akan ada penambahan menu berupa Permohonan SIM baru dan peningkatan golongan SIM yang dilengkapi dengan aplikasi e-Avis (Uji Teori Online). Artinya, tanpa harus mendatangi kantor Satpas, tanpa perlu mengantri dan dapat dilakukan dimana saja serta kapan saja, masyarakat dapat menikmati layanan pembuatan SIM,” terangnya.

Di Gorontalo sendiri kata AKBP Arief Budiman, S.H, S.I.K, baru Satuan Lalu Lintas Polres Gorontalo Kota saja yang menerapkan perpanjangan SIM online. Untuk Satpas lain, pastinya akan mengikuti hal serupa seiring berjalannya waktu.

“SIM ini sudah terkoneksi, jadi masyarakat dari daerah mana pun yang hendak memperpanjang SIM, bisa dilayani oleh Satpas terdekat atau Satpas yang diinginkan oleh pemohon,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, melalui program atau aplikasi ini, Polri turut membantu masyarakat, khususnya dalam memberikan pelayanan yang maksimal. Artinya, tanpa harus mendatangi Satpas, masyarakat sudah bisa melakukan pengurusan perpanjangan SIM dan ini sangatlah mudah. Hanya saja, untuk dapat menggunakan apilikasi ini harus dipastikan pemohon SIM berada dalam jaringan internet yang stabil.

“Kami pun berharap bantuan serta dukungan dari masyarakat agar dapat bersama-sama mensukseskan program ini serta mensosialisasikannya. Semoga program ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat secara umum,” pungkasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *