Keberadaan Polwan saat ini mendapatkan apresiasi dari Ketua Ombudsman Gorontalo.

Jurnal Celebes.id, GORONTALO – Dalam HUT Polisi Wanita Republik Indonesia yang populer disingkat dengan Polwan yang ke 73, Ketua Ombudsman Gorontalo Alim S. Niode menyampaikan ucapan selamat kepada Polwan RI, khususnya untuk Polwan Polda Gorontalo.

Dirinya mengungkapkan, seiring dengan jumlah penduduk perempuan yang makin lebih besar dibanding laki-laki. Ketua Ombudsman Gorontalo berharap, Polwan juga bisa menjadi garda terdepan untuk bersentuhan dengan masyarakat, karena lebih humanis dan mampu membawa kedamaian

“Polwan diketahui memiliki citra yang tegas, berani tetapi lembut yang melekat pada mereka membawa tugas pengabdian Kepolisian makin maju dan terus bertransformasi menjadi polri yang presisi,” terangnya.

Ia menjelaskan, Kuantitas dan kualitas Polwan yang telah dicapai pada usia ke-73 ini, ke depan akan berhadapan dengan tantangan yang bukan semakin ringan. Dimana era teknologi 4.0 selanjutnya 5.0 menghadapkan mereka untuk harus bekerja ekstra cerdas, cermat dan cepat, tetapi tetap tegas tanpa kehilangan sisi yang diandalkan pada diri kodrati sebagai mahluk yang lembut.

“Kapasitas akademik, fisik dan mental pada diri seorag Polwan secara inheren berhadapan dengan dengan peran peran domestik mereka sebagai istri atau sebagai perempuan dengan segala beban kultural, yang tak boleh ditampik begitu saja,” tuturnya.

Ketua Ombudsman di Gorontalo itu mengatakan, Polwan yang berada dibawah naungan penugasan Polda Gorontalo saat ini  berjumlah 202 orang, yang ditugaskan di bidang Pembinaan dan Operasional. Dua Polwan sebagai pejabat utama yakni Kabid Propam Kombes Pol. Restawaty Tampubolon,S.H dan Wadir Pamobvit, AKBP Lisma Dunggio, Bsc. Pada jabatan bidang operasional ada 6 Polwan  yakni satu menjabat Waka Polres Bone Bolango, satu Kabag di Polres Gorontalo Kota dan 4 orang menjabat sebagai Kapolsek yakni, Kapolsek Telaga, Kapolsek Dungingi, Kapolsek Tilongkabila serta Kapolsek Kabila.

Kabid Propam Kombes Pol. Restawaty Tampubolon,S.H

“Polwan memiliki tempat tersendiri pada masyarakat. Selain citra kepemimpinan adat tertinggi yang diambil menjadi nama patakanya (Mo’odelo Ayuwa), simbol-simbol adat yang melekat pada lengan mereka seperti bambu kuning, pohon pinang dan lain-lain menempatkan kedudukan yang sangat terhormat di mata masyarakat adat,” ungkap Alim S. Niode.

“Selamat hari jadi Polwan ke 73. Semoga Polwan semakin professional dalam mengemban tugas negara, melayani publik, melindungi masyarakat, menegakkan hukum dan menjaga keamanan masyarakat,” tutupnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *