Kasat Narkoba Polres Gorontalo Kota, Iptu Iwan Mathew Frans Kapojos,S.Tr.K bersama personel, berhasil mengungkap peredaran narkoba jenis ganja.

Jurnal Celebes.id, KOTA GORONTALO – Untuk pertama kalinya di tahun anggaran 2021, Satuan Narkoba Polres Gorontalo Kota berhasil mengungkap sekaligus menggagalkan penyelundupan narkoba jenis ganja.

Informasi yang dirangkum, meski sudah dimutasi dan tinggal menunggu serah terima jabatan (Sertijab), Kasat Narkoba Polres Gorontalo Kota, Iptu Iwan Mathew Frans Kapojos,S.Tr.K masih turun ke lapangan bersama personel Satuan Narkoba, untuk menindaklanjuti informasi dari masyarakat. Dari informasi yang disampaikan oleh masyarakat, pada Rabu (14/07/2021) sekitar pukul 15.30 Wita, akan ada pengiriman paket yang diduga narkotika jenis ganja di salah satu tempat pengiriman yang ada di Kelurahan Molosifat B.

Mendapatkan informasi tersebut, Kasat Narkoba Iptu Iwan Mathew Frans Kapojos,S.Tr.K bersama anggota langsung menuju ke tempat tersebut dan melakukan pemantauan, guna melihat siapa yang akan menjemput barang yang diduga narkotika jenis ganja. Setelah menuggu beberapa jam lamanya, datang seorang lelaki yang belakangan diketahui bernama RM (21) warga Kelurahan Molosifat B, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo.

Tim Opsnal pun langsung melakukan penggeledahan terhadap RM yang pada saat itu sedang menjemput paket yang diduga narkotika jenis ganja. Ketika digeledah, ditemukan satu kotak paket yang berisi narkotika jenis ganja dengan berat kurang lebih 50 gram. Dari hasil pengungkapan tersebut, RM beserta barang bukti berupa narkotika jenis ganja, langsung diamankan di Polres Gorontalo Kota.

Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto,S.I.K,M.Si melalui Kasat Narkoba Iptu Iwan Mathew Frans Kapojos,S.Tr.K mengatakan, Alhamdulillah meski sudah dimutasikan sebagai Pama Polres Gorontalo Kota, dirinya beserta anggota, masih mampu untuk mengungkap dan menggagalkan peredaran narkotika di wilayah hukum Polres Gorontalo Kota.

“Tentunya ucapan terima kasih yang tidak terhingga saya sampaikan untuk seluruh elemen masyarakat yang sudah membantu tugas kami dalam mengungkap peredaran narkoba di wilayah Polres Gorontalo Kota. Tanpa bantuan serta dukungan dari masyarakat, tentunya hal ini akan sangat sulit kami lakukan,” ungkapnya.

Lanjut kata mantan Kapolsek Limboto Barat ini, ganja yang disita oleh pihaknya ini, dipesan oleh RM dari daerah Sumatera Selatan (Sumsel) dengan harga Rp 500 ribu, untuk 50 gram ganja. Pemesanan ini pula sudah yang ketiga kalinya dilakukan oleh RM dengan jumlah 500 gram setiap kali pemesanannya.

“Yang bersangkutan ini sudah merupakan residivis dan narkoba jenis ganja yang dipesannya ini, dipergunakan untuk diri pribadi,” ungkapnya.

Ditambahkan pula oleh Alumnus Akpol 2016 ini, atas kepemilikan ganja seberat 50 gram tersebut, RM diancam dengan Pasal 111 ayat 1 Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

“Saat ini tersangka sudah kami tahan dan barang buktinya sudah kami sita. Selanjutnya kami masih melakukan pengembangan terkait dengan kepemilikan narkoba jenis ganja ini,” pungkasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *