Polda Gorontalo bersama pemerintah daerah membuka gerai vaksinasi gratis untuk masyarakat.

Jurnal Celebes.id, GORONTALO – Untuk percepatan penanganan Covid-19 dan mendukung program pemerintah satu juta vaksin per hari, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Polda, Polres dan Polsek, untuk membuka gerai vaksin Presisi, guna memfasilitasi masyarakat yang belum disuntik vaksin Covid-19.

Hal tersebut langsung ditindaklanjuti oleh Kapolda Gorontalo Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus S.I.K, M.Si dengan menggandeng pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan dan juga TNI, membuka 20 gerai vaksin Presisi yang tersebar diseluruh wilayah Gorontalo.

Kapolda Gorontalo melalui Kabid Humas Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, S.I.K dalam keterangannya mengatakan, dibukanya gerai vaksin presisi di 20 lokasi yang tersebar diseluruh wilayah Gorontalo adalah untuk memudahkan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat yang belum divaksin.

“Kurang lebih 20 gerai vaksin Presisi kami siapkan untuk melayani masyarakat yang belum divaksin. Masyarakat cukup datang ke gerai dengan membawa KTP, nanti setelah dilakukan screening data kesehatan oleh petugas, jika memenuhi syarat maka akan langsung disuntik vaksin, dan ini gratis,” jelas Wahyu di ruang kerjanya.

Adapun 20 lokasi gerai vaksin yang disiapkan antara lain, Mapolda Gorontalo titik lokasi di Halaman Mapolda Gorontalo, Polres Bone Bolango  lokasi di Puskesmas Kabila dan di halaman Polsek Bone Pantai, Polres Pohuwato lokasi  di Aula Catur Prasetya Polres Pohuwato, Mapolsek Marisa dan Puskesmas Wanggarasi, Polres Gorontalo Utara titik lokasi di Puskesmas Kwandang dan  Puskesmas Molingkapoto, Polres Gorontalo lokasi di  Klinik Pratama Polres Gorontalo dan di Mapolsek Limboto, Polres Boalemo ada 8 lokasi. Diantaranya, Pasar Payango Plaza Boalemo jalan Trans Sulawesi Desa Hungayonaa Kecamatan Tilamuta, Halaman Poliklinik Polres Boalemo, halaman Polsek Desa Bubaa Kecamatan Paguyaman Pantai, Halaman Polsek Paguyaman, halaman Mapolsek Dulupi, halaman Mapolsek Wonosari, halaman Mapolsek Botumoito, halaman Mapolsek Mananggu dan halaman Mapolsek Tilamuta, Polres Gorontalo Kota terdapat 2 lokasi gerai yakni di Halaman Satlantas Polres Gorontalo Kota dan di halaman Mapolsek Kota Selatan.

“Nantinya yang akan memberikan layanan vaksin adalah dari personel Biddokes Polda Gorontalo, Urdokkes Polres, Petugas dari dinas kesehatan provinsi, kabupaten maupun kota, dan juga petugas Puskesmas. Gerai dibuka setiap hari kerja mulai pukul 08.00 wita hingga pukul 12.00 Wita,” terang mantan Kapolres Bone Bolango ini.

Ditambahkan pula, pentingnya vaksin dan disiplin terhadap Protokol kesehatan dalam mencegah Covid19. Vaksinasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang. Selain itu, dengan vaksinasi massal maka akan mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok yang ini sangat diperlukan dalam percepatan penanganan Covid-19.

“Perlu ditegaskan, bahwa meskipun kita sudah divaksin, disiplin terhadap Prokes yaitu memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas harus tetap ditegakkan, jangan pernah kendor atau lengah, bahkan saat ini kita dianjurkan untuk menggunakan masker rangkap atau double, guna mengantisipasi varian baru Covid-19 yakni varian Delta,” pungkasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *