Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto,S.I.I,M.Si didampingi Waka Polres, Kompol Ishandi Saputra,S.H,S.I.K melakukan pemotongan tumpeng dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75

Jurnal Celebes.id, KOTA GORONTALO – Usai mengikuti upacara secara virtual, Polres Gorontalo Kota menggelar kegiatan syukuran. Kegiatan itu sendiri dilaksanakan secara sederhana. Mulai dari pemotongan tumpeng hingga penyerahan tali asih kepada personel Polres Gorontalo Kota.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto,S.I.K,M.Si saat membacakan amanah Kapolri mengatakan, secara historis, peringatan Hari Bhayangkara terkait erat dengan terbitnya Penetapan Pemerintah Nomor 11 tahun 1946 pada 1 Juli 1946, yang menetapkan bahwa Jawatan Kepolisian Negara Republik Indonesia menjadi jawatan tersendiri yang bersifat nasional yang langsung berada di bawah perdana menteri atau presiden selaku kepala pemerintahan.

“Kami bersyukur karena sampai dengan saat ini Polri tetap solid dan sinergi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang, dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya,” ungkapnya.

Ditambahkan pula, Polri saat ini memiliki personel sebanyak 470.391, yang tersebar di 34 Polda, 493 Polres, 4.872 Polsek, dan 791 Polsubsektor, bersama-sama dengan TNI dan stakeholder lainnya, selalu menjadi garda terdepan untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, terutama dalam situasi global yang sedang dilanda pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jajaran Polri beserta TNI dan segenap stakeholder berupaya dengan sekuat tenaga untuk mendukung pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang berdampak luas terhadap seluruh aspek kehidupan masyarakat terutama aspek perekonomian, sosial, dan keamanan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan apresiasi Presiden terhadap berbagai capaian kinerja Polri, baik di bidang operasional maupun di bidang pembinaan. Kami menyadari sepenuhnya bahwa berbagai capaian tersebut tidak akan dapat diwujudkan secara optimal oleh Polri tanpa Bimbingan dan arahan dari Presiden dan Wakil Presiden serta dukungan dari pimpinan Lembaga Tinggi Negara. Dukungan dan kerja sama dengan pimpinan kementerian atau lembaga, seluruh anggota MPR RI, DPR RI, dan DPD RI, Panglima TNI beserta jajaran, serta seluruh stakeholder dan masyarakat Indonesia,” jelasnya

Tak hanya itu saja, disampaikan pula, dalam menghadapi berbagai agenda nasional ke depan, Polri bersama-sama dengan TNI siap untuk berperan aktif dalam mengawal pelaksanaan Rencana Kerja Pemerintah tahun 2021 serta mendukung penuh upaya penanggulangan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Selain itu, sesuai dengan tema Hari Bhayangkara ke-75, yaitu Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif, maka Polri berkomitmen untuk melaksanakan setiap kebijakan dalam tatanan hidup baru di tengah pandemi Covid-19. Seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Bhayangkara ke-75, difokuskan untuk peningkatan disiplin dan protokol kesehatan bagi masyarakat, dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 serta menjaga Kamtibmas yang kondusif.

“Sekali lagi kami sampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Presiden dan Wakil Presiden RI, seluruh aparatur pemerintah, dan seluruh elemen masyarakat Indonesia, atas partisipasi dan dukungan dalam meningkatkan kinerja Polri. Polri berkomitmen untuk selalu menjadi garda terdepan dalam menegakkan kedaulatan NKRI dan sebagai benteng terakhir dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat Indonesia,” pungkas AKBP Suka Irawanto,S.I.K,M.Si mengakhiri sambutan Kapolri.

Usai membacakan sambutan, Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Suka Irawanto,S.I.I,M.Si didampingi Waka Polres, Kompol Ishandi Saputra,S.H,S.I.K melakukan pemotongan tumpeng dan diserahkan kepada personel termuda yakni Bripda Agung Rumagit dan dilanjutkan dengan penyerahan tali asih yang diserahkan kepada personel Polri yang memasuki masa pensiun yaki Iptu Yansur AK. Mahmud. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *