Pelepasan balon ke udara oleh Kepala BPTD Wilayah XXI Gorontalo, yang didampingi oleh Kapolsek KPG, Ipda Sofyan T. Ishak,S.H,M.H beserta sejumlah instansi terkait lainnya.

Jurnal Celebes.id, GORONTALO – Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) wilayah XXI Gorontalo, melaksanakan upacara serah terima penandatanganan Surat Persetujuan Berlayar (SPB), yang diberikan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). Upacara itu sendiri dilaksanakan di atas KMP Tuna Tomini, Selasa (01/06/2021) sekitar pukul 16.45 Wita.

Kepala BPTD Wilayah XXI Gorontalo, Hasan Bisri saat membacakan surat dari Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengatakan, menindaklanjuti surat dari Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor UM.006/4/20/DRJD/2021, tertanggal 20 Mei 2021, dimana pelaksanaan fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran TSDP dimulai sejak 1 Juni 2021. Di mana wilayah diminta melakukan beberapa hal. Diantaranya, melakukan serah terima pengalihan fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran kapal sungai, danau dan penyebrangan, serta penerbitan persetujuan berlayar kapal sungai, danau dan penyebrangan, terhitung mulai 1 Juni 2021m, yang dituangkan dalam berita acara serah terima pengalihan, disertai dengan penyerahan surat dan dokumen kelaiklaut kapal sungai, danau dan penyebrangan kepada balai pengelolah transportasi darat wilayah I sampai dengan XXV Direktorat Jendral Perhubungan Darat.

“Selain itu, melakukan pungutan jasa kepelabuhanan, jasa kenafigasian dan jasa transfortasi laut lainya, yang merupakan penerimaan negara bukan pajak (PNBP), yang masih diselenggarakan oleh unit pelaksanaan teknis di lingkungan Direktorat Jendral Perhubungan Laut, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek KPG, Ipda Sofyan T. Ishak,S.H,M.H mengatakan, pihaknya menyambut baik pelaksanaan kegiatan upacara serah terima penandatanganan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) yang dilaksanakan tersebut.

“Kami pun berharap agar komunikasi serta koordinasi bisa terus dibangun dengan seluruh instansi terkait. Kami pun di Polsek KPG akan turut memberikan support, serta bersama-sama menjaga Kamtibmas dalam pelaksanaan pelayaran di Pelabuhan Gorontalo,” pungkasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *