Para Casis saat mengikuti Tes Psikologi untuk penerimaan anggota Polri, menggunakan aplikasi Computer Assisted Test (CAT).

Jurnal Celebes.id, GORONTALO – Tahapan penerimaan calon anggota Polri Tahun anggaran 2021, Panda Gorontalo saat ini sudah memasuki tahap tes Psikologi. Tes tersebut dilaksanakan di dua sekolah yakni di SMK 1 dan SMK 3 Kota Gorontalo.

Tes Psikologi itu pun diikuti oleh 457 Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) sebanyak 411 orang pria dan 46 orang wanita. Sedangkan untuk Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus), diikuti oleh 55 pria.

Ketua Tim Psikologi, Kombes Pol. Deni Okvianto, S.I.K, M.H menjelaskan, para calon siswa (Casis) yang ikut tes psikologi ini, sebelumnya dinyatakan lulus mengikuti Tes Kesehatan Tahap I, yang telah dilaksanakan selama 20 hari oleh panitia seleksi.

“Untuk tahapan psikologi kali ini, peserta Bintara PTU yang memenuhi syarat berjumlah 358 peserta dan tidak memenuhi syarat berjumlah 99 peserta. Untuk Bokomsus yang dinyatakan memenuhi syarat berjumlah 39 peserta dan yang tidak memenuhi syarat berjumlah 16 peserta,” jelasnya.

Lanjut kata Alumnus Akpol 1996 ini, pelaksanaan tes psikologi tahun ini berbeda dengan seleksi penerimaan di tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada tahun ini, SSDM Mabes Polri sudah menggunakan aplikasi Computer Assisted Test (CAT) yang lebih canggih.

“Dengan penggunaan teknologi dan aplikasi yang lebih modern diharapkan dapat menambah kepercayaan masyarakat bahwa penerimaan Polri sudah semakin bersih dengan menggunakan prinsip BETAH,” katanya.

Sementara itu, Karo SDM Polda Gorontalo Kombes Pol. Nanang Djunaedi, S.I.K, M.M menambahkan, untuk mencegah adanya kerumunan, dalam tahapan seleksi dilaksanakan selama 3 hari dan para peserta dibagi menjadi 2 gelombang setiap harinya, serta jarak antara masing-masing peserta sejauh 1,5 meter.

“Tak hanya jarak antara peserta yang diperhatikan, peserta juga menggunakan masker, serta sebelum mengikuti ujian dilakukan rapid antigen. Dimana Penerapan protokol kesehatan dalam tahapan seleksi ini, dilaksanakan dalam mencegah adanya penyebaran Covid-19,” terangnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *