Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedy, membagikan bingkisan Ramadan untuk WBP.

Jurnal Celebes.id, KENDAL – Meski berada di Lembaga Pemasyarakatan, para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tetap bisa merasakan Idul Fitri. Ini dikarenakan, para WBP mendapatkan bingkisan dari Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedy.

Bingkisan berupa sarung, baju koko dan peci tersebut dibagikan saat kegiatan Ramadan Champ yang berlangsung di Mushala Al-Hadi, Lapas Terbuka Kendal, Selasa (11/05/2021).

“Pembagian paket atau bingkisan lebaran ini sudah menjadi kebiasaan saya setiap bulan Ramadan. Berbahagia pada saat Idul Fitri, bukan hanya untuk masyarakat yang berada di luar Lapas saja, akan tetapi Narapidana yang berada di dalam Lapas, juga harus merasakan kebahagiaan yang sama,” ungkapnya.

Lanjut kata manan Kalapas Pohuwato ini, dirinya berupaya agar suasana Ramadan hingga Idul Fitri yang berlaku di tengah-tengah masyarakat, dapat juga dilaksanakan di dalam Lapas, sehingga kerinduan Narapidana dengan suasana tersebut dapat terobati. Salah satunya adalah, memakai pakaian baru, bahkan pada saat lebaran pihaknya akan menghadirkan kuliner lebaran, pada saat acara ramah tamah dan pemberian remisi Idul Fitri.

“Ini merupakann salah satu kepedulian kami kepada WBP. Apalagi di Lapas kami warga binaannya sudah memasuki masa pembebasan, setelah menjalani hukuman,” ujarnya.

Ditambahkan pula, berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal pada bulan suci Ramadan harus tetap berjalan, khususnya pelaksanaan ibadah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), baik salat tarawih, tadarus dan amalan-amalan lainnya.

“Bagi WBP yang beragama Islam, Ramadan merupakan momen spesial. Pasti mereka ingin beribadah dengan baik. Oleh karena itu, saya instruksikan kepada para pegawai dan warga binaan, untuk bisa melaksanakan salat tarawih berjamaah bagi WBP di mushalah yang ada di dalam Lapas, dengan menerapkan protokal kesehatan secara ketat,” paparnya.

Sementara itu, Zaenuri (40) salah seorang WBP di Lapas Terbuka Kendal mengaku sangat senang dengan paket bingkisan yang diterimanya. Mulai dari sarung, baju koko dan peci. Bingkisan yang diberikan oleh Kalapas ini, nantinya bisa digunakan pada saat salat Idul Fitri nanti.

“Alhamdulillah, saya senang mendapat bingkisan berupa sarung, baju koko dan peci. Ini bisa untuk Salat Idulfitri, dan akan saya simpan sebagai kenangan di Lapas yang penuh dengan rasa kekeluargaan,” tandasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *