Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Desmont Harjendro Agitson Putra,S.I.K,M.T memimpin rapat tentang kesiapsiagaan bencana alam yang bisa datang kapan saja.

Jurnal Celebes.id, KOTA GORONTALO – Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Desmont Harjendro Agitson Putra,S.I.K,M.T melakukan pengecekan terhadap kesiapan posko terpadu siaga bencana alam, Jumat (16/04/2021) sekitar pukul 09.40 Wita.

Sebelum melakukan pemeriksaan kesiapan posko, Kapolres Gorontalo Kota melakukan rapat koordinasi siaga bencana alam yang dilaksanakan di kantor Satuan Lalu Lintas Polres Gorontalo Kota. Rapat itu sendiri turut dihadiri oleh Plt Kepala BPBD Kota Gorontalo, Iskandar Moerad, Kasatpol PP, Melki Datau, Kabag Ops Polres Gorontalo Kota, AKP Ryan Dodo Hutagalung,S.H,S.I.K, Kasat Sabhara, AKP Purnadi Joko Lelono, Kasat Lantas Iptu Edwin Isa Mahendra,S.T.K, perwakilan dinas kesehatan, dinas perhubungan dan perwakilan dinas sosial pun ikut hadir dalam rapat tersebut.

Usai pelaksanaan rapat, kemudian Kapolres Gorontalo Kota beserta personel dan dari Pemerintah Kota Gorontalo, melakukan pengecekan posko terpadu siaga bencana alam yang terletak di depan rumah dinas Gubernur Gorontalo, Kelurahan Tenda, Kecamatan Hulonthalangi, Kota Gorontalo.

“Rapat hingga pengecekan yang kami lakukan ini, tidak lain untuk mengetahui kesiapsiagaan personel maupun peralatan siaga bencana, yang berada di posko terpadu siaga bencana tersebut. Hal ini pula sebagai salah satu bentuk upaya untuk merespon cepat jika terjadi bencana alam, baik itu banjir, tanah longsor, banjir bandang, angin kencang, hingga pohon tumbang, yang mungkin saja terjadi, mengingat kondisi cuaca saat ini,” jelas Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Desmont Harjendro Agitson Putra,S.I.K,M.T.

Ditambahkan pula oleh Alumnus Akpol 2000 ini, posko siaga bencana ini pula tidak lain dalam rangka menindaklanjuti surat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) perihal peringatan dini dan langkah-langkah kesiapsiagaan menghadapi potensi bibit siklon tropia 94W di Kota Gorontalo.

“Jadi, dengan adanya posko terpadu dalam siaga bencana alam ini, maka hal tersebut dapat mencegah dan meminimalisir adanya korban bencana alam yang mungkin terjadi pada musim penghujan saat ini,” pungkasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *