AKBP Desmont Harjendro Agitson Putra,S.I.K,M.T

Jurnal Celebes.id, KOTA GORONTALO – Apabila sebelum-sebelumnya kasus penganiayaan biasa diselesaikan dengan cara mediasi atau Restorative Justice, kini hal tersebut tidak berlaku lagi.

Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Desmont Harjendro Agitson Putra,S.I.K,M.T menjelaskan, sebagaimana perintah dari Kapolda Gorontalo, kasus-kasus penganiayaan yang ada selama ini, tidak ada lagi yang perlu dimediasi atau diselesaikan dengan cara restorative justice.

“Seluruh anggota Reskrim Polres Gorontalo Kota sudah saya sampaikan dan tegaskan, di mana untuk kasus penganiayaan, tidak ada yang didamaikan. Semuanya wajib dilanjutkan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Tak hanya itu saja, kata mantan Kapolres Bone Bolango ini, kalau hanya sekedar didamaikan atau minta maaf, maka tidak ada efek jeranya untuk para pelaku. Bahkan ada masyarakat yang memiliki persepsi, ketika terjadi kasus penganiayaan, maka bisa diselesaikan dengan kalimat permohonan maaf. Nah, hal ini yang nantinya perlu dirubah, di mana khusus untuk kasus penganiayaan ini, tidak ada yang dimediasi, melainkan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Ini merupakan salah satu langkah untuk menekan agar tidak terjadi lagi hal serupa atau tidak terjadi lagi yang namanya kasus penganiayaan di wilayah hukum Polres Gorontalo Kota,” terangnya.

Bahkan kata AKBP Desmont, selama ini kasus penganiayaan selalu dikaitkan dengan persoalan minuman keras (Miras). Tapi, kasus pertama yang akan diproses adalah penganiayaannya. Jika memang dari hasil pemeriksaan ditemukan adanya keterkaitan dengan Miras, maka Mirasnya pun akan diungkap.

“Jadi semua yang namanya penganiayaan, akan diproses. Apabila ada keterkaitan dengan Miras, maka akan kami cari tahu, Miras itu didapatkan dari mana atau dibeli di mana. Pada dasarnya, untuk penegakkan hukum di wilayah Kota Gorontalo, kami tidak main-main,” pungkas Alumnus Akpol 2000 ini. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *