Salah seorang masyarakat Kota Gorontalo saat ditangkap oleh Tim Opsnal Polres Gorontalo Kota, terkait dengan dugaan kepemilikan Narkoba jenis sabu.

Jurnal Celebes.id, KOTA GORONTALO – Diduga terlibat dengan peredaran narkoba, salah seorang masyarakat Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo, ditangkap oleh Satuan Narkoba Polres Gorontalo Kota.

Informasi yang dirangkum, pengungkapan tersebut terjadi pada 21 Januari 2021. Awalnya, Satuan Narkoba Polres Gorontalo Kota mendapatkan informasi dari masyarakat, di mana ada seorang masyarakat yang membawa Narkotika jenis sabu dari daerah Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan menggunakan mobil PO. Dari informasi tersebut, tim opsnal melakukan penyelidikan dan menunggu mobil tersebut di Simpang Lima Telaga. Selanjutnya sekitar pukul 17.45 Wita, Tim Opsnal melihat seorang lelaki yang dicurigai menggunakan bentor. Tim Opsnal kemudian langsung mengamankan lelaki tersebut serta melakukan penggeledahan. Dari hasil tersebut, ternyata lelaki yang belakangan bernama MD (29) alias Den warga Kelurahan Tapa, Kecamatan Sipatana, Kota Gorontalo, diduga telah membawa narkotika jenis sabu, yang diselipkan di dalam handphone android merek Samsung.

Anggota kemudian mengamankan sejumlah barang bukti yakni 1 paket Narkotika jenis Sabu, 1 buah tas, 1 celana jeans, 1 kaos oblong, 2 unit HP merk Samsung dan Advan, 2 buah korek api, 1 charge handphone merk samsung, 1 buah pinset, 1 buah gunting kuku, 1 buah SIM, 1 buah kartu ATM dan uang sebesar Rp 82 ribu.

Tak hanya sampai disitu saja, dari hasil keterangan DD, Satuan Narkoba Polres Gorontalo Kota yang dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba, Iptu Iwan Mathew Frans Kapojos,S.Tr.K kemudian melakukan pengembangan pada Jumat (22/01/2021) sekitar pukul 03.00 Wita, ke daerah Sulawesi Tengah (Sulteng), tepatnya di Desa Moutong Timur, Kecamatan Moutong, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Kasat Narkoba bersana anggota kemudian melakukan penyelidikan sekitar pukul 10.00 Wita, disalah satu rumah milik HAP yang berada di Dusun tiga, Desa Moutong Timur, Kecamatan Moutong, Kabupaten Parigi Moutong, yang diduda sebagai penjual narkotika jenis sabu. Dari hasil penyelidikan dan pengembangan, pada Sabtu (23/01/2021) sekitar pukul 05.47 Wita, tim Opsnal langsung menuju ke rumah HAP (41). Pada saat itu tim opsnal diterima oleh istri HAP. Ketika ditanyakan tentang keberadaan HP, sang istri kemudian menyampaikan bahwa suaminya (HAP, red) sedang tidur di dalam kamar. Tim opsnal kemudian memperlihatkan surat perintah penangkapan dan hendak melakukan penangkapan terhadap HAP. Namun ketika hendak ditangkap, HAP melakukan perlawanan dan sempat mengambil pisau, karena tidak mau dibawa, sehingga tim opsnal pada saat itu melakukan upaya paksa untuk membawa HAP.

Tak hanya itu saja, tim opsnal turut melakukan penggeledahan di rumah HAP sesuai dengan surat perintah penggeledahan. Dari hasil penggeledahan tersebut, ditemukan beberapa bungkusan plastic kip yang terdapat sisa sabu. Barang bukti itu pun kemudian langsung mengamankan bungkusan plastik kip dan sedotan, yang diduga digunakan untuk menkonsumsi sabu tersebut, serta Handphone android merk samsung, oppo dan handphone kecil merk Nokia milik HAP.  HAP kemudian langsung dibawa ke Gorontalo bersama sejumlah barang bukti, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Kapolres Gorontalo Kota, AKBP Desmont Harjendro Agitson Putra,S.I.K,M.T melalui Kasat Narkoba Iptu Iwan Mathew Frans Kapojos,S.Tr.K mengatakan, pihaknya telah menetapkan tersangka terhadap lelaki MD atas kepemilikan barang yang diduga narkoba jenis sabu. Sedangkan HAP, setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, tidak ada keterkaitan dengan kepemilikan barang oleh MD.

“Tersangka MD kami kenakkan Pasal 112 ayat 1 subsider Pasal 127 ayat 1 dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. Kami pun berharap agar masyarakat tidak terlibat dan bahkan mencoba-coba yang namanya narkoba. Narkoba adalah barang haram, yang bisa memberikan dampak buruk terhadap diri serta masa depan kita,” pungkasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *