Salah seorang masyarakat Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo  ditangkap oleh Satuan Narkoba Polres Boalemo atas dugaan kepemilikan narkoba jenis sabu.

Jurnal Celebes.id, BOALEMO – Mengawali tahun 2021, Polres Boalemo berhasil mengamankan salah seorang masyarakat yang ada di Desa Tabulo Selatan, Kecamatan Mananggu, Boalemo, atas dugaan kepemilikan barang yang diduga narkoba jenis Sabu.

Informasi yang dirangkum, pengungkapan tersebut terjadi pada Selasa (02/02/2021). Awalnya pada Senin (01/02/2021) sekitar pukul 23.00 Wita, personel Satuan Narkoba Polres Boalemo mendapatkan informasi dari masyarakat, dimana ada salah seorang masyarakat bernama AB alias Fian, warga Desa Tabulo Selatan, Kecamatan Mananggu, diduga memiliki narkotika jenis shabu. Atas informasi tersebut, Personel Satuan Narkoba Polres Boalemo kemudian melakukan penyelidikan di Desa Tabulo Selatan.

Setelah melakukan penyelidikan, Selasa (02/02/2021) sekitar pukul 11.00 Wita, anggota Satuan Narkoba mendapatkan informasi bahwa AB alias Fian sedang berada dirumahnya. Anggota pun bergegas menuju rumah AB alias Fian. Ketika mendapati Fian dirumahnya, anggota Narkoba kemudian menanyakan tentang narkoba sebagaimana informasi dari masyarakat. Fian yang didatangi oleh anggota pun tidak bisa mengelak dan kemudian menunjukkan satu sachet butiran Kristal yang diduga narkba jenis sabu, yang terletak di atas meja ruang tamu. Dari pengakuan Fian tersebut, bahwa barang bukti narkoba itu adalah miliknya, anggota kemudian membawanya ke Polres Boalemo, untuk diperiksa lebih lanjut.

Kapolres Boalemo, AKBP Ahmad Pardomuan,SIK,MH ketika diwawancarai membenarkannya. Dikatakan Alumnus Akpol 1999 ini, pelaku sudah ditetapkan tersangka dan telah dilakukan penahanan. Tak hanya itu saja, tersangka pun mengakui bahwa barang haram atau narkoba jenis sabu tersebut merupakan miliknya.

“Dari hasil penangkapan, kami berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yang terdiri dari, satua sachet kecil berisi butiran Kristal yang diduga narkotika golongan satu jenis sabu, satu buah kaca pirex, satu buah potongan sedotan warna putih dan satu buah jarum suntik,” jelasnya didampingi Kasat Narkoba Iptu James Quiet Derek dan Kanit Narkoba, Bripka Person Abubakar.

Tak hanya itu saja, mantan Kapolres OKU Selatan ini pula menyampaikan, barang haram tersebut didapatkan dari daerah Sulawesi Tengah (Sulteng) dan akan dipergunakan secara pribadi. Tak hanya itu saja, barang haram tersebut dibeli dengan harga Rp 1,2 juta dengan berat satu gram.

“Untuk barang bukti narkoba jenis sabu, itu masih dihitung beratnya, karena tersangka sudah menggunakannya dan yang kami amankan tinggal sisanya saja. Tersangka pula sudah kami test urine dan hasilnya positif,” ungkapnya.

Atas perbuatan tersangka, dirinya dijerat dengan Pasal 112 ayat 1 junto Pasal 127 huruf a, Undang-Undang 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

“Kami tak henti-hentinya mengharapkan kepada masyarakat agar menjauhi yang namanya Narkoba. Jangan sekali-kali mendekati barang haram tersebut. Apabila ada yang mengetahui tentang peredaran narkoba di Boalemo, tolong diinformasikan, sehingga bisa kami tindak tegas,” pungkasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *