Desa Limbula, Kecamatan Wanggarasi, dicanangkan sebagai kampung tangguh.

Jurnal Celebes.id, GORONTALO – Desa Limbula, Kecamatan Wanggarasi, dicanangkan sebagai kampung tangguh ‘Helumo’ Nusantara dan sebagai desa percontohan dalam pendisiplinan protocol kesehatan covid-19 di wilayah Kecamatan Wanggarasi. Pencanangan tersebut dilaksanakan, Rabu (10/02/2021) yang dihadiri oleh Kapolsek Lemito, Iptu Wayan Subrata,, Camat Wanggarasi Herman Harun,S.H dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Dikatakan Kapolsek Lemito, Iptu Wayan Subrata, dibentuknya kampung tangguh nusantara di Desa Limbula ini, merupakann program prioritas Kapolri, yaitu pemantapan dukungan Polri dalam penanganan covid-19, menuju Polri yang Presisi, khususnya di wilayah Kecamatan Lemito, agar masyarakat peduli dengan pencegahan penyebaran covid-19.

“Dengan adanya kampung tangguh ini, maka kami mendorong kepada masyarakat, agar lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan 4M yaitu, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” jelasnya.

Lanjut kata Iptu Wayan Subrata, di kampung tangguh ini akan ada piket setiap hari yang melibatkan personel TNI, Polri, pihak kecamatan dan petugas medis, dalam pendisiplinan protkol kesehatan covid-19, dan bila ada yang perpapar covid-19, sudah ada tempat yang disediakan, berupa ruangan untuk isolasi dan karantina. Pengefektifan Desa Limbula sebagai kampung tangguh nusantara di Kecamatan Wanggarasi, harus benar-benar serius dilaksanakan, karena angka terpapar covid-19 di Indonesia, semakin hari semakin meningkat, karena banyak warga masyarakat kurang kepedulian menjalankan protokol kesehatan covid-19.

“Dengan terbentuknya kampung tangguh, harus memenuhi syarat tangguh kesehatan, tangguh sosial ekonomi berupa ketahanan pangan, tangguh informasi dan kreatifitas serta tangguh dalam hal keamanan dan ketertiban warga masyarakat yang kondusif,” terangnya.

Sementara itu, Camat Wanggarasi, Herman Harun,S.H menambahkan, atas nama pemerintah, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Polsek Lemito yang telah memilih Desa Limbula, untuk dijadikan kampung untuk bisa dicontoh desa lain. Desa ini kata Camat Herman Harun, merupakan desa yang sehat dan aman. Hal tersebut bisa dilihat, jika ada acara apapun, di desa ini tetap aman. Oleh karena itu, sudah tepat Desa Limbula dijadikan kampung tangguh.

“Terkait vaksinasi, saya siap jadi orang pertama untuk di vaksin. Saya pun meminta kepada masyarakat, agar tidak cepat percaya dengan semua hoax yang sudah beredar terkait dengan vaksinasi tersebut. Saya pun mengajak kepada masyarakat agar tetap taat serta patuh menjalankan protocol kesehatan. Alhamdulillah kecamatan ini masuk sebagai zona hijau, dan ini yang saya harapkan agar bisa dipertahankan,” harapnya didampingi Kades Limbula. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *