Personel Polsek Popayato saat mengamankan puluhan gallon BBM jenis solar bersubsidi dari salah seorang masyarakat nelayan, yang diduga akan diperjualbelikan lagi di daerah Sulawesi Tengah (Sulteng)

Jurnal Celebes.id, GORONTALO – Dugaan penyelundupan bahan bakar minyak (BBM) jenis Solar bersubsidi, dari wilayah Gorontalo ke daerah Sulawesi Tengah (Sulteng), tepatnya di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), berhasil digagalkan oleh personel Polsek Popayato.

Informasi yang dirangkum, awalnya personel Polsek Popayato mendapatkan informasi pada Senin (08/02/2021) sekitar pukul 16.30 Wita, dimana ada warga Desa Telaga Biru, Kecamatan Popayato, yang hendak mengangkut BBM jenis solar, menuju ke daerah Sulteng. Dari hasil penyelidikan, diketahui bahwa BBM jenis solar tersebut akan diangkut dengan menggunakan mobil pick up dengan nomor Polisi DM 8312 AC.

Dari informasi masyarakat, personel Polsek Popayato kemudian menuju ke Desa Telaga Biru, dan pada saat diperjalanan, personel Polsek Popayato mendapati mobil pick up dengan nomor Polisi DM 8312 AC sedang melintas dan ketika diperiksa, ternyata di dalam mobil terdapat BBM jenis solar, dengan jumlah 15 gallon, dengan rincian, 12 gallon ukuran 25 liter dan tiga gallon berukuran 35 liter. Personel Polsek Popayatao kemudian melakukan pemeriksaan terhadap pengemudi yakni RD alias Pino (61), warga Desa Torosiaje Jaya, Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato.

Kapolsek Popayato, Iptu Ali Hairudin,S.H,S.Ip mengatakan, setelah RD diamankan beserta barang bukti, pihaknya kemudian melakukan interogasi kepada RD dan dilanjutkan dengan penyelidikan hingga ke rumah milik RD. Dari rumah RD, pihaknya berhasil mengamankan lagi 13 gallon yang berukuran 35 liter, yang disimpan disebuah gudang milik RD.

“Dari keterangan lelaki RD, solar bersubsidi tersebut dibeli dari lelaki Opin dengan harga Rp 245 ribu per gallon dan akan dijual kembali dengan harga Rp 265 ribu hingga Rp 280 ribu per gallon, di daerah Parimo,” jelasnya.

Lanjut kata mantan Kapolsek Randangan ini, dari hasil tersebut, pihaknya berhasil mengamankan kurang lebih 28 gallon BBM jenis solar bersubsidi, dimana 12 gallon berukuran 25 liter dan 16 gallon berukuran 35 liter. Tak hanya itu saja, mobil beserta surat-suratannya pun turut disita.

“Kami sudah mengambil keterangan dari pelaku RD dan selanjutnya pelaku dan barang bukti, kini telah kami limpahkan ke Polres Pohuwato, untuk diproses lebih lanjut, sesuai dengan aturan hukum yang berlaku,” pungkasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *