KBO Binmas, Ipda I Ketut Suka,S.Ip bersama anggota Satuan Binmas, memberikan pembinaan serta penyuluhan kepada masyarakat Desa Buntulia Selatan, Kecamatan Duhiadaa.

Jurnal Celebes.id – Seluruh elemen masyarakat, khususnya yang ada di Desa Buntulia Selatan, Kecamatan Duhiadaa, diharapkan agar bisa ikut bersama-sama dengan aparat Kepolisian dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Dikatakan KBO Satuan Binmas, Ipda I Ketut Suka,S.Ip saat memberikan pembinaan serta penyuluhan tentang keamanan swakarsa, dirinya mewakili Kasat Binmas Polres Pohuwato, mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik antara pemerintah desa dan juga masyarakat, yang sudah bersedia untuk mengikuti kegiatan penyuluhan dan pembinaan ini. Kegiatan ini tidak lain merupakan agenda rutin Satuan Binmas, yang bertujuan untuk mengajak masyarakat agar bisa bersama-sama dengan Polri, dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, serta diharapkan agar masyarakat paham tentang aturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kegiatan ini Alhamdulillah sudah mendapatkan surat rekomendasi dari gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Pohuwato. Alhamdulillah pula, dalam pelaksanaan kegiatan ini, protocol kesehatan tetap dikedepankan,” ungkapnya saat memberikan penyampaian di aula kantor desa, Selasa (12/01/2021).

Lanjut kata mantan KBO Intelkam Polres Pohuwato ini, saat ini pemerintah daerah telah mengeluarkan peraturan terkait dengan pengawasan terhadap peredaran minuman keras (Miras). Dalam peraturan daerah (Perda) tersebut, telah diatur soal persyaratan dan ketentuan serta sanksi yang akan diberikan, apabila ada masyarakat yang memperjualbelikan Miras.

“Jadi, tidak bisa memperjualbelikan Miras. Silahkan dilihat dan dipelajari serta disosialisasikan aturan tersebut kepada masyarakat lainnya, sehingga semua elemen masyarakat mengetahui hal tersebut. Miras ini adalah penyebab dari berbagai persoalan, sehingga hal ini harus kita seriusi secara bersama-sama,” jelasnya.

Disisi lain, Ipda I Ketut Suka turut mengemukakan, saat ini seluruh elemen masyarakat masih menghadapi pandemi covid-19. Oleh karena itu, Satuan Binmas Polres Pohuwato hingga saat ini tidak henti-hentinya pula memberikan penyuluhan kepada masyarakat, agar tetap mematuhi protocol kesehatan covid-19.

“Dalam situasi seperti ini, kami berharap agar masyarakat tidak membuat kegiatan bersifat mengumpulkan orang banyak. Kami pun dari Kepolisian, tidak akan mengeluarkan izin terkait dengan pelaksanaan kegiatan tersebut,” tegasnya didampingi Ka Pol Subsektor Duhiadaa, Ipda Efendi Isa.

Sementara itu, Kades Buntulia Selatan, Sukiman Bagu menyampaikan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Satuan Binmas Polres Pohuwato, yang berkenan memberikan pembinaan serta penyuluhan tentang keamanan swakarsa kepada masyarakat Desa Buntulia Selatan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan agar masyarakat memahami tentang perannya dalam mendukung Polri, untuk menjaga Kamtibmas.

“Saya berharap agar apa yang disampaikan oleh pihak Kepolisian, bisa ditindaklanjuti. Mari kita bersama-sama menjaga daerah, khususnya desa ini, agar tetap aman dan kondusif, seperti apa yang kita harapkan bersama,” pungkasnya. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *