Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono,S.I.K

Jurnal Celebes.id – Polda Gorontalo secara tegas tidak akan mengeluarkan surat izin keramaian untuk perayaan malam tahun baru, guna mencegah terjadinya kerumunan masyarakat, pada saat pelepasan tahun 2020.

Kapolda Gorontalo, Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K, M.Si, M.M melalui Kabid Humas, Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,S.I.K menjelaskan, sudah menjadi tradisi masyarakat di Indonesia bahkan di dunia, saat menyambut datangnya malam Tahun Baru biasa diwarnai dengan berbagi kegiatan pertunjukan dan hiburan. Tentu saja hal tersebut bakal ditonton banyak orang, sehingga terjadi kerumunan.

“Kondisi ini tidak boleh terjadi di malam Tahun Baru 2021, mengingat trend penambahan terkonfirmasi positif Covid-19 semakin melonjak. Oleh karena itu, Kepolisian dalam hal ini Polda Gorontalo beserta Polres jajaran, tidak akan mengeluarkan ijin keramaian terhadap kegiatan pengumpulan masa. Bahkan kami tidak segan-segan untuk melakukan pembubaran apabila ada yang melanggar,” jelasnya.

Lanjut kata mantan Kapolres Bone Bolango ini, Gubernur Gorontalo telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 200/KESBANGPOL/2112/2020, tentang pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru 2021, yang mana didalamnya menyebutkan larangan melakukan kegiatan yang bersifat mengundang atau mengumpulkan orang, saat perayaan Natal dan Tahun baru 2021, tidak melaksanakan kegiatan khususnya di hotel, tempat hiburan malam, café, restoran. Sedangkan untuk pelaksanaan ibadah, silakan dilaksanakan di rumah ibadat dengan tetap mempedomani protokol kesehatan, termasuk memperhatikan jumlah yang diperkenankan. Meminta Polda Gorontalo untuk tidak mengeluarkan ijin keramaian, dan apabila ditemukan kegiatan atau  acara yang mengumpulkan massa, maka dapat dibubarkan oleh apparat keamanan dan Satgas Covid-19.

“Kami berharap masyarakat bisa mematuhinya. Apabila melanggar, maka kami Polri bersama TNI dan Satgas Covid, tidak segan-segan membubarkannya. Sekali lagi, ini adalah demi kepentingan bersama agar masyarakat selamat dari paparan Covid-19, yang hingga saat ini masih mewabah. Silakan rayakan malam tahun baru di rumah saja, perbanyak dzikir dan do’a. Semoga negeri kita bisa segera dibebaskan dari Covid-19, dan di Tahun Baru 2021 dapat membawa perubahan bagi kehidupan kita, menjadi lebih baik dan lebih sejahtera,” harap Alumnus Akpol 98 ini. (Jurnal 01)

Bagikan :

Jurnalis Satu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *